Senin, 21 Oktober 2013

Tumbuhan Kebangkitan (Selaginella lepidophylla)

Nama ilmiah: Selaginella lepidophylla
Asal:  Timur tengah
Iklim ideael: dataran rendah, dataran sedang, dataran tinggi
Sinar matahari: sepanjang hari
Media tanam: tanah
Kebutuhan air: sedikit
Diameter bibit saat ini: 20cm

Tanaman ini disebut juga Rose of Jericho atau tanaman kebangkitan karena adaptasi yang sangat menakjubkan. Tanaman ini akan menggulung menjadi bola kering apabila lingkungan tidak mendukung, mengglinding mengikuti angin, dan apabila menemukan tempat yang sesuai akan mekar dan hidup kembali.

" tumbuhan gurun pasir ini dikenal atas kemampuannya bertahan bahkan di saat kekeringan. Pada saat musin kering, batangnya akan mengkerut dan menggulung menjadi bola. Dan begitu ada air, batang tadi akan melepaskan diri dari gulungannya. Tanaman ini banyak ditemui di gurun Chihuahua"SSE

Ketika "mati", tanaman ini ada dalam keadaan diam, menandakan kekeringan. Artinya, metabolisme mereka pada atau mendekati nol, bersama dengan penurunan yang signifikan dalam sel dan volume jaringan.

Apa yang terjadi pada tingkat sel untuk memungkinkan tanaman ini bertahan hidup pada keadaan yang ekstrim, bahkan untuk waktu yang lama?

Toleransi pengeringan dalam Ressurection Plant melibatkan kombinasi dari mekanisme genetika molekuler, sistem metabolik dan antioksidan serta makromolekul dan menstabilkan proses struktural. Singkatnya, pada awal kehilangan air, ternyata tanaman ini diset ke dalam serangkaian tahapan peristiwa seluler yang dapat diringkas sebagai berikut:

Dehidrasi -> Aktivasi gen yang berkaitan dengan pengeringan -> (1) Perubahan dalam metabolisme, (2) Produksi protein pelindung.

(1) Perubahan dalam metabolisme :

a. akumulasi zat terlarut pelindung seperti sukrosa, trehalosa dan prolin yang menstabilkan protein dan membran sel

b. Produksi senyawa antioksidan (seperti asam galloylquinic)

c. Perubahan biokimia dalam membran dan komposisi dinding sel.

(2) Produksi protein pelindung seperti "dehydrins" dan "expansins" yang membantu melestarikan integritas struktural dari organel intraseluler dan dinding sel.


Rose of Jericho adalah tanaman sebangsa pakis dan palem sudah ada sejak jaman dinosaurus. Perawatannya cukup mudah, letakkan gumpalan tanaman kebangkitan diatas piring berisi air dangkal dan apabila anda bosan, angkat dan keringkan tanaman kebangkitan ini, dia akan berubah menjadi bola kembali.

Penggunaan

Meskipun mawar Yerikho ini benar-benar kering, ia akan tumbuh jika ditempatkan dan dibiarkan tinggal di air. Bila sudah kering, tanaman ini akan terlipat dan berubah warna menjadi abu-abu dan rapuh.

Namun jika ditempatkan dalam air dan maka warnanya akn kembali seperti semula ke warna alaminya, yaitu hijau dan terungkap menjadi organisme hidup yang indah lagi, dan hal ini dapat terjadi berulang-ulang. Tempatkan Rose dalam piring atau mangkuk air selama 3 hari atau lebih, sampai menjadi hijau dan terbuka. Air harus sering diganti. Biarkan tanaman mengering sepenuhnya, dan setelah seminggu akan menjadi hijau dan hidup kembali.

Dalam kasus mawar Yerikho ini terinfeksi dengan “mold”, Anda dapat membeli sebuah fungisida, melarutkan beberapa tetes dalam setengah liter air, letakkan mawar Yerikho ini pada lapisan air ini, dan memercikkan sedikit di atasnya juga.
 

Efek

Yerikho mawar dijual di pasar Meksiko untuk digunakan sebagai diuretik. Tanaman ini juga digunakan dalam ritual voodoo dan Santeria Kuba guna menghasilkan cinta, keberuntungan dan uang. Ketika dibawa kepada seseorang, tanaman ini dikatakan dapat untuk menyerap energi negatif.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll